Kamis, 27 Januari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMP BHAKTI KEDUNGTUBAN
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester : VIII (delapan)/Semester 1
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
A. Standar kompetensi :
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
B. Kompetensi dasar :
1.6. Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
C. Indikator :
1. Menjelaskan mekanisme peredaran darah besar dan kecil pada manusia.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pembelajaran role playing siswa dapat Menjelaskan mekanisme peredaran darah besar dan kecil pada manusia
E. Materi Pembelajaran : Sistem Peredaran Darah Pada Manusia
F. Model/Metode Pembelajaran :
Metode Role Playing
G. Skenario/langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan Tahap Rincian kegiatan Waktu

1 Pendahuluan • Salam dan tegur sapa :
Assalamulaikum wr. Wb., selamat siangi anak- anak.
• Mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pembelajaran IPA yang lalu 5 menit
Inti
Eksplorasi :
• Mengorganisasi siswa ke dalam kelompok.
• Siswa melakukan diskusi tentang sistem pengangkutan pada manusia di LKS.
• Membimbing siswa membedakan organ-organ peredaran darah pada manusia
• Siswa melakukan kegiatan sesuai dengan LKS.

Elaborasi :
• Secara kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusinya tentang sistem pengangkutan pada manusia.
• Siswa melakuan kegiatan bermain peran sesuai dengan scenario dalam LKS.
Konfirmasi :
• Siswa perwakilan setiap kelompok menuliskan hasil diskusi dan bermain peran.
• Guru dan siswa membuat kesimpulan 70 menit
Penutup
• Guru memperjelas kesimpulan 5 menit

H. Sumber Belajar :
 Buku Paket IPA BSE
 LKS
 Buku referensi lain yang relevan

I. Penilaian

Indicator pencapaian
Penilaian

Teknik penilaian Bentuk instrument Nomer Instrument
1. Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia Tes tertulis Pilihan ganda 1, 2, 4,5
2. Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah Tes tertulis Uraian 3, 6, 7, 8, 9
3. Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari Penugasan Tugas rumah 10


A. Test
1. Oksigen dapat mencapai ke seluruh jaringan tubuh terutama karena peran …
a. eritrosit c. leukosit
b. trombosit d. plasma
2. Pendarahan karena luka dapat berhenti karena peran …
a. monosit c. eritrosit
b. trombosit d. limfosit
3. Bagian jantung yang merupakan awal dan akhir peredaran darah besar adalaah ….
a. bilik kiri dan serambi kanan
b. bilik kiri dan bilik kanan
c. bilik kanan dan serambi kiri
d. bilik kanan dan bilik
4. Yang termasuk alat-alat peredaran darah adalah …
a. pembuluh darah dan paru-paru
b. limfa dan jantung
c. paru-paru dan jantung
d. jantung dan pembuluh darah
5. Dalam proses pembekuan darah diperlukan vitamin …
a. B b. C c. D d. K
6. Sebutkan tiga tahap kerja jantung pada manusia!
7. Jelaskan perbedaan antara sel darah merah, sel darah putih dan keeping darah !
8. Sebutkan perbedaan antara pembuluh vena dan arteri !
9. Sebutkan fungsi peredaran darah kecil !
10. Mengapa merokok dapat menghambat proses pengangkutan oksigen ke jaringan tubuh ?
11. Buatlah daftar nama penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

B. Kunci jawaban Skor
1. a. eritrosit 1
2. b. trombosit 1
3. a. bilik kiri dan serambi kanan 1
4. d. jantung dan pembuluh darah 1
5. d. K 1
6. 1. kedua serambi menguncup, kedua bilik mengembang, darah masuk ke bilik
2. kedua bilik menguncup, kedua serambi mengembang, darah dari bilik mengalir ke pembuluh nadi dan vena masuk ke serambi
3. serambi dan bilik beristirahat sebentar, kemudian kembali mulai dari pertama lagi. 3
7.

Eritrosit Leukosit Trombosit
1. warna merah 1. tidak berwarna 1. tidak berwarna
2. tidak berinti 2. berinti 2. tidak berinti
3. bentuk bulat pipih dan cekung ditengah 3. bentuk tidak tetap dan ameboid 3. bentuk tidak teratur dan kecil
4. tiap 1 mm3 mengandung 5 juta eritrosit 4. tiap 1 mm3 mengandung 5000-10000 sel 4. tiap 1 mm3 mengandung 200000
5. tempat pembentukan di sumsum merah pada tulang pipih 5. tempat pembentukan di sumsum merah dan kelenjar limfe dan limpa 5. tempat pembentukan pada sumsum merah tulang pipa




5

8.

Pembuluh vena Pembuluh arteri
1. dinding pembuluh tipis, kurang elastis 1. dinding pembuluh tebal, elastis dan lentur
2. jika diraba tidak terasa denyutnya 2. jika diraba terasa denyutnya
3. letak dipermukaan 3. letak agak ke dalam
4. memiliki banyak katup di sepanjang pembuluh 4. memiliki satu katup dekat jantung
5. jika terluka menetes 5. jika terluka memancar keluar
6. mengalirkan darah keluar jantung 6. membawa darah keluar jantung


5
9. fungsi peredaran darah kecil : mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru kembali ke jantung 1
10. karena merokok akan menyebabkan kadar CO2 dalam darah meningkat, akibatnya hemoglobin akan lebih banyak mengikat CO2 daripada mengikat oksigen 1
Skor total 20
Nilai Jmlh skor /2

Kedungtuban, 1 Desember 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA




Drs. Sukiran H P Setyo Eko Atmojo, S.Pd
NIP


LEMBAR KEGIATAN SISWA
Satuan Pendidikan : SMP BHAKTI KEDUNGTUBAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII/I
Materi : Sistem Peredaran Darah Manusia
􀂙 Masalah
Setelah mengetahui organ penyusun sistem peredaran darah manusia, bagaimananakah proses peredarannya?
􀂙 Tujuan
1. Menjelaskan mekanisme peredaran darah besar dan kecil pada manusia
􀂙 Alat dan Bahan
1. Apron: yaitu karton yang bertuliskan jantung, tubuh bagian atas, tubuh bagian bawah, paru-paru, dan darah
2. Kartu (potongan kertas) yang bertuliskan O2 dan CO2
􀂙 Kegiatan
1. Berkelompoklah sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk oleh gurumu
2. Bersama dengan anggota kelompokmu baca skenario mengenai proses peredaran darah manusia
3. Bagilah dalam kelompokmu ada yang menjadi jantung, tubuh bagian atas, tubuh bagian bawah, paru-paru, dan darah
4. Presentasikan skenario tersebut dengan role playing
5. Diskusikanlah dengan kelompokmu berbagai informasi yang kalian peroleh mengenai proses peredaran darah.
6. Tuliskan hasil diskusi dan bermain peran didepan kelas !










SKENARIO Role Playing
PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA
Siswa yang berperan sebagai darah masuk ke serambi kiri jantung setelah menuju ke paru-paru. Darah ini kaya akan O2 untuk dibagikan ke seluruh tubuh. Oleh karena itu tubuh siswa yang sebagai darah ditempeli potongan kertas warna merah bertuliskan O2.
Darah : Hai serambi kiri aku punya banyak O2 dan aku mau membagi O2 ke seluruh tubuh
Serambi kiri : Ya sudah kamu lewat aku. . Akan ku pompa kamu ke bilik kiri jantung . Awas hati-hati ya karena di sana ada katup bikuspidalis
Siswa yang berperan sebagai serambi kiri mendorong darah ke bilik kiri jantung
Bilik kiri : Darah aku pompa kamu ke seluruh tubuh ya biar kamu bisa membagikan O2 ke sel-sel tubuh
Bilik kiri jantung mendorong darah ke seluruh tubuh. Darah ada yang menuju anggota tubuh atas dan bawah
Darah : Hai organ tubuh kalian aku bawakan banyak O2 nih
Organ tubuh : Terimakasih darah. Nanti O2 itu aku gunakan untuk metabolisme
Siswa yang sebagai darah melepaskan potongan kertas bertuliskan O2 untuk di berikan ke organ tubuh sedangkan siswa yang berperan sebagai organ tubuh menukarkannya dengan potongan kertas bertuliskan CO2. Sekarang darah banyak mengandung CO2
Darah : Aduh CO2nya banyak sekali tubuhku jadi kotor lagi nih. Tubuhku harus bersih tapi aku harus lewat jantung dulu. Aku ke sana ah
Darah pergi mendekati serambi kanan jantung
Siswa yang berperan sebagai darah masuk ke serambi kanan jantung setelah beredar ke seluruh tubuh. Darah ini mengandung banyak CO2 yang harus ditukarkan dengan O2 di paru-paru. Oleh karena itu siswa yang sebagai darah di tubuhnya ditempeli dengan potongan kertas berwarna biru yang bertuliskan CO2.
Darah : Hai jantung tubuhku penuh dengan CO2 nih. Aku harus bersihkan tubuhku ini dengan O2.
Serambi kanan : Ya sudah sini kamu lewat bilik kanan, aku akan pompa kamu ke bilik kanan ya. Awas hati-hati ada karena di sana ada katup trikuspidalis
Siswa yang berperan sebagai serambi kanan jantung mendorong darah ke bilik kanan jantung
Bilik kanan : Darah biar kamu bersih kamu harus ke paru-paru. Aku pompa kamu ke paru-paru ya
Siswa yang sebagai bilik kanan jantung mendorong darah ke paru-paru
Darah : Paru-paru aku kotor sekali
Paru-paru : Aduh darah kamu penuh dengan CO2 sini aku bersihkan tubuhmu yang kotor, aku bersihkan CO2mu dan kamu akan ku beri O2.
Siswa yang berperan sebagai paru-paru melepaskan tempelan potongan kertasbertuliskan CO2. yang menempel di tubuh siswa yang berperan sebagai darah.
Kemudian menempelkan potongan kertas warna merah bertuliskan O2 di tubuh darah.
Paru-paru : Nah sekarang baru sudah bersih. Kamu boleh kembali ke jantung
Darah : Terimakasih paru paru
Paru-paru mendorong darah ke jantung
Siswa yang berperan sebagai darah bergerak menuju serambi kiri
Serambi kiri : Darah kamu sudah bersih ya
Darah : Iya benar sekarang aku punya banyak O2 untuk aku bagikan ke semua jaringan tubuh
Serambi kiri : Ya sudah kamu lewat aku. . Akan ku pompa kamu ke bilik kiri jantung . Awas hati-hati ya karena di sana ada katup bikuspidalis
Siswa yang berperan sebagai serambi kiri mendorong darah ke bilik kiri jantung
Bilik kiri : Darah aku pompa kamu ke seluruh tubuh ya biar kamu bisa membagikan O2 ke sel-sel tubuh
Bilik kiri jantung mendorong darah ke seluruh tubuh. Darah ada yang menuju anggota tubuh atas dan bawah
Darah : Hai organ tubuh kalian aku bawakan banyak O2 nih
Organ tubuh : Terimakasih darah. Nanti O2 itu aku gunakan untuk metabolisme
Siswa yang sebagai darah melepaskan potongan kertas bertuliskan O2 untuk di berikan ke organ tubuh sedangkan siswa yang berperan sebagai organ tubuh menukarkannya dengan potongan kertas bertuliskan CO2. Sekarang darah banyak mengandung CO2
Darah : Aduh CO2nya banyak sekali tubuhku jadi kotor lagi nih. Tubuhku harus bersih tapi aku harus lewat jantung dulu. Aku ke sana ah
Darah pergi mendekati serambi kanan jantung
Siswa yang berperan sebagai darah masuk ke serambi kanan jantung setelah beredar ke seluruh tubuh. Darah ini mengandung banyak CO2 yang harus ditukarkan dengan O2 di paru-paru. Oleh karena itu siswa yang sebagai darah di tubuhnya ditempeli dengan potongan kertas berwarna biru yang bertuliskan CO2. Darah : Hai jantung tubuhku penuh dengan CO2 nih. Aku harus bersihkan tubuhku ini dengan O2.
Serambi kanan : Ya sudah sini kamu lewat bilik kanan, aku akan pompa kamu ke bilik kanan ya. Awas hati-hati ada karena di sana ada katup trikuspidalis
Siswa yang berperan sebagai serambi kanan jantung mendorong darah ke bilik kanan jantung
Bilik kanan : Darah biar kamu bersih kamu harus ke paru-paru. Aku pompa kamu ke paru-paru ya
Siswa yang sebagai bilik kanan jantung mendorong darah ke paru-paru
Darah : Paru-paru aku kotor sekali
Paru-paru : Aduh darah kamu penuh dengan CO2 sini aku bersihkan tubuhmu yang kotor, aku bersihkan CO2mu dan kamu akan ku beri O2.
Siswa yang berperan sebagai paru-paru melepaskan tempelan potongan kertasbertuliskan CO2. yang menempel di tubuh siswa yang berperan sebagai darah.
Kemudian menempelkan potongan kertas warna merah bertuliskan O2 di tubuh darah.
Paru-paru : Nah sekarang baru sudah bersih. Kamu boleh kembali ke jantung
Darah : Terimakasih paru paru
Paru-paru mendorong darah ke jantung
Siswa yang berperan sebagai darah bergerak menuju serambi kiri
Serambi kiri : Darah kamu sudah bersih ya
Darah : Iya benar sekarang aku punya banyak O2 untuk aku bagikan ke semua jaringan tubuh
Serambi kiri : Ya sudah kamu lewat aku. . Akan ku pompa kamu ke bilik kiri jantung . Awas hati-hati ya karena di sana ada katup bikuspidalis
Siswa yang berperan sebagai serambi kiri mendorong darah ke bilik kiri jantung
Bilik kiri : Darah aku pompa kamu ke seluruh tubuh ya biar kamu bisa membagikan O2 ke sel-sel tubuh.
Darah : Terimakasih bilik kiri aku akan beredar keseluruh tubuh
Begitu seterusnya aku akan terus beredar untuk mengangkut dan mengedarkan oksigen, sari sari makanan dan zat zat lain yang diperlukan oleh sel sel tubuh karena itu adalah tugasku.







TUGAS INDIVIDU




Mata Kuliah

Inovasi Dan Praktek Pembelajaran IPA




Dosen Pengampu

Prof.Dr. Wiyanto, M.Si
Dr. Sri Sulistyorini, M.Pd




SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH DENGAN METODE ROLE PLAYING







Oleh
Setyo Eko Atmojo / 0103509009







PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR
KONSENTRASI PENDIDIKAN IPA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar